Osjur PAI bertema “Mewujudkan Calon Pendidik Agama Islam Yang Berilmu Amaliyah, Beramal Ilmiah dan Berakhlakul Karimah melalui PILM”

PILM adalah singkatan dari Pelatihan Ilmiah Leadership and Management. Ketua HMJ sempat menjelaskan bahwa pada PILM kali ini tidak ada yang namanya bentak-bentak, yang biasa disebut latihan mental atau apalah yang lain, karena pada tahun ini 2012 PILM lebih terfokuskan pada Pendidikan jadi diharapkan untuk panitia agar bertindak lebih profesional.

Tidak seperti jurusan lain yang bahkan masih ada adegan-adegan bentak-bentak, seret-menyeret dll, bahkan ada satu anak jurusan lain yang saya pernah bertanya kepadanya “bagaimana osjur,mu?”
Dengan kontan dia menjawab : “dijurusan saya itu bukan osjur tapi penyiksaan”. Memang saya dengar-dengar disana itu osjurnya terlalu keras. Banyak tugas yang diberikan dan selalu ada hukuman meskipun kadang pada orang yang tidak bersalah tetep saja dicari tahu kesalahannya. Aneh sih? Tapi begitulah mahasiswa, sosok yang kuat dan harus tahan banting melawan penindasan.

Osjur diadakan 3hari, 2hari indoor 1hari outbound,diantara pelatihan-pelatihan di indoor adalah :
Pelatihan KTI (Artikel, Makalah, Skripsi, Thesis dll)
Pelatihan AGB (Anti Gagap Bicara)
Ilmiah Leadership and Management
Debat Bersama
Dan jangan Lupa games-games serunya.
DLL
Ada juga jargon PAI dan juga Lagu-lagunya (Seru)

Dan Terakhir OutBound ke CobanRondo (Wisata Air terjun pegunungan dan perkemahan Asri)

Berangkat dari UIN Pukul 07 dan sampai sekitar pukul 08:30
Disana semua peserta dikumpulkan menjadi satu, satu kelompok satu baris, aku ada dikelompok 15 yang dikeetua,i oleh teman kita Ali.
Pengarahan-pengarahan dan aturan-aturan, kemudian mendengarkan ceramah dari orang yang tidak dikenal yang mananya intinya menyuruh kita untuk beroganisasi (emz..,, seperti di doktrin gitu bahwa organisasi itu wajib) tetapi sambil mendengarkan ceramah yang menurutku menghasut tersebut satu persatu kelompok yang ada 20 tesebut dan yang terdiri dari kurang lebih 13 orang/perkelompok itu pergi meninggalkan tepat ceramah dan mulai berpetualang (ini dia yang aku tunggu, berpetulang ria bukan ceramah dan hasutan-hasutan gk jeas itu) melewati rute yang ditentukan agar aman dan tertib.

Pos pertama di contreng ma kanji atau tepung yang basah di ke2 pipi dan dahi sebagai bukti telah melewati Pos 1 dan diberi password apabila menemukan pos kedua dan.

Lanjut
Setelah jalan melewati jalan naik danturun hutan, akhirnya ketemu juga ke Pos kedua disana ditanya password tadi dan disuruh menyanyikan jargonnya Osjur dan di kasih daun cemara sebagai tanda bahwa telah melewati pos kedua.(dalam hati ku berkata mudah sekali ya, sekarang jam 09 pasti ntar freenya lama kalo seperti begini, tinggal satu pos yaitu Pos keTiga)

Pos ketiga tapi sebelum ke pos ketiga, di perjalanan ada pos bayangan yang mana tugasnya adalah menilai kekompakan regu, sampai diPos ini ada yang namanya permainan dengan aturan menutup mata semua [anak 15 (satu kelompok)] untuk membentuk suatu bidang dimana mereka sebagai sisinya.
Setalah itu diisuruh mengambil hikmah dari permainan tersebut, yang ternyata intinya pemimpin itu perlu agar terjadinya kesinambungan dalam suatu perkumpulan jika semua saling mengatur maka itu salah.

Lagi-lagi sebelum sampai ke Pos ketiga kita dihadang lagi dengan senior-senior.
Di sini kita harus memenangkan permainan air agar memperoleh password agar bisa masuk ke pos ketiga. (aku jadi berfikir sebenarnya pos ketiga itu bagaimana sih? Tadi pos pertama dan kedua mudah sekali tapi.. Ini kq.. Banyak persyaratan untuk masuk ke pos ketiga). Ini namanya pos password tapi seperti biasa kita disini ada permainan. Main air yeeee ^_^, yang mana semua anggota kelompok kita disuruh duduk di sungai yang dingin sekali (kira-kira mungkin suhunya 7 derajat Celcius pokoknya sangat dingin) maklumlah di pegunungan jadinya dingin sekali , apalaigi disana masih asri hutannya.
Kita mulai ke permainannya. Awalnya kita tadi kan disuruh duduk, duduk itu harus sendiri-sendiri meskipun satu kelompok artinya cewek sendiri dan sowok sendiri (kalo bareng malah gk dingin ntarr,, heheheh betul kata panitia,e)
Jadi kita di bagi 2 kelompok cowok dan cewek dan kita duduk dalam posisi melingkar dan kaki wajib untuk lurus serta tangan semua diatas (jadi bisa dibayangkan mulai dariperut sampai bawah (ujung kaki atau kuku kaki) basah semua) dan itu pun airnya sangat dingin.
Setelah duduk dalam posisi melongkar ( O ) yang mana keliling lingkaran itu adalah bahu-bahu kita.
Lalau kita disuruh untuk berdiri, (dari posisi duduk yang kakinya diluruskan kita disuruh untuk berdiri tanpa menggunakan tangan) masih dalam keadaan berrendam dalam sungai kita bahu-membahu untuk membantu satu dengan yang lain untuk berdiri.
Ahirnya kita bisa juga dengan cara memanfaatkan bahu antar teman.

Itupun belum selesai permainnanya ada lagi
Permainan yang kedua dan masih didalam air yang sangat dingin itu.
Yaitu mengisi aqua yang mana kali ini kelompok kita diadu dengan kelompok lain. Kita membentuk satu deret (dan disuruh duduk lagi dingin lagi, waawawawawaaaaaaa..,,, aku gak tahan DINGIN) yang mana setiap anak membawa gelas aqua kecil yang lubang lubang semua bawah,e jadi kalo kita ngisi air disitu dipastikan dalam 5 detik akan hilang kembali airnya dan diakhir barisan ada anggota kelompok yang memegang satu botol aqua besar.
Tugasnya bagaimana kita mengisi botol aqua diakhir sendiri itu, dengan cara memanfaatkan satu pengisian di depan kemudian ditransfer sampai ke akhir. (bayangkan sulitnya.. Gila bgt. Sudah sumber pengisian cuma boleh yang didepan saja , sudah gelas aquanya tiap anak-anak lubang-lubang. jaraknya ada 15 orang untuk sampai ke pengisian) tetapi tetap semangat kita dan ahirnya kelompok kita yang kalah, hiks-hiks-hiks… Sebenarnya kelompok kita yang menang tapi kelompok lain itu curang apa. Masak sumber pengisian airnya kelompok lain ada 2, ditengah juga ngisi lagi (panitia juga g liat c,, wakz wezt).. Dihukum dc..
BASAH semua….,,,, dan lanjut keluar dari air.. Sudah capek main air terus.

Jadi kita jalan ke pos ketiga itu dalam keadaan basah. Aduh-aduh beber-bener sial..
Eh ternyata ada lagi senioar-senior (lama-lama ini nyebelin ya… Habis permainannya kalah terus)
Sebelum ke pos ketiga.
Ada lagi permainnan adu cepat transfer tepung jadi di permainan ini kita bukan berderet satu. Tapi berbaris kebelakang menjadi satu dan menghadap kedepan semua dalam keadaan duduk bersila.
Di depan sendiri ada tepung yang full satu kotak makan. Dan di anggota belakang sendiri ada satu kotak makan yang kosong.
Yang tugas kita adalah memindahkan semua tepung didepan agar kekotak bagian belakang dengan syarat kotak tepung tetap, yang berpindah tepungnya, posisi duduk tetap dan memindahkannya dengan tangan. (aduh-aduah dalam hati berkata : “sudah basah malah di adakan tepung-tepung kyank gni,, hiks-hiks… Bakan digoreng kayaknya sama panitia tinggal nambahi masako dan minyak panas”)
ahirnya kita pindahin saja tepung-tepung itu dengan cara di ciduk dengan tangan lalu di berikan ke anak belakangnya diterima terus diberikan ke belakangnya lagi terus sampai ke anak terahir dan ditaru di kotak.
Jadi gk bisa bayangin dc betapa badan kita bertabur dengan tepung. Malah ada satu anak yang ngawur. Ehhh sial dia tidak memberikan tepungnya ke anak belakangnya dengan pelan-pelan, dia malah melemparkannya ke anak belakangnaya dengan keras, hasilnya tepung yang mana dua tangan penuh itu jatuh ke muka dan tubuh anak di belakangnya. Jadi rame dc… ” weyyy apap-apaan ini.. Gak terima ,,, !! Di bales hantam dengan tepung juga.. Jadinya satu kelompok mandi tepung, (aduh-adauh anak-anak ini sudah tadi basah kuyup kalah di permainan air, sekarang malah tepung juga. ^_^ tapi seru,,, HANTAM diaaaaa juga dengan tepung,, LEMPAR…). Lanjut.. Keperjalanan berikunya.

Akhirnya sampai juga di pos ketiga POS terakhir..
Tak sempat istirahat setelah berjalan jauh dihutan-hutan yang rimbun, kita disuruh menyanyikan jargon Osjur. Jadinya joget-joget begitulah.
Dipos ketiga ada lagi permainan yaitu mengangkat air dengan tali, yang mana kita satu kelompok disuruh melingkar (O) dan ditengah-tenga kita ada botol aqua penuh dan kita disuruh untuk mengangkatnya dengan tali jarak antara kita dengan botol adalah sekitar 1,5 meter lebih. Dan lagi-lagi kelompok kita kalah…
Dihukum disuruh mengisi air botol-botol tadi di sungai bawah,,, huffttt aku dc yang disuruh ma kelompokQ.. Jalan sendiri sambil membawa botol aqua kosong ke sungai bawah yang mana jaraknya cuckup jauh juga.

Setelah itu makan tepat mungkin jam 11.40 dan
kita free di kasih waktu sam pai jam 3. jadi kita satu kelompok 15 yang sudah melewati pos ketiga , bebas…FREE yeeeee,,,

Ada yang langsung naik lagi, untuk meliahat air terjun
Ada yang sholat dulu dan hasilnya.. Foto-foto kenangan ynag banyak sekali..

Iklan